ukmsrr's Blog

Beranda » E-Learning » TEKNIK MENYOLDER

TEKNIK MENYOLDER

Ahahaha, iseng aja nih lagi bingung mau nulis apa. Berikut ini beberapa teknik menyolder yang baik dan benar (penting ga seh??:p):

  1. gunakan solder dengan mata solder yang runcing
  2. gunakan solder dengan daya 30-40W
  3. pastikan permukaan tembaga PCB mengkilap, jika buram maka amplaslah dengan amplas yang halus
  4. hilangkan karat pada kaki komponen dengan mengeriknya hingga mengkilap, adanya karat pada kaki komponen ditandai dengan tidak mengkilapnya kaki komponen
  5. saat menyolder, tempelkan solder pada tembaga PCB (jangan terlalu lama) kemudian tempelkan timah pada solder secukupnya, tunggu hingga timah mencari dan menyebar
  6. segera setelah timah menyebar di seluruh daerah solder, jauhkan solder dan tunggu hingga timah dingin
  7. penyolderan yang baik adalah yang melekatkan tembaga PCB dengan kaki komponen dengan jumlah timah yang sedikit (tidak cembung), dan tidak runcing
  8. jepit kaki komponen semi konduktor seperti ic, transistor, led, diode dan sensor dengan tang atau logam lain agar tidak terlalu panas

1 Komentar

  1. Ajier mengatakan:

    Coba liat pada point 5..
    yg betulnya yg ini :
    saat menyolder, tempelkan solder pada tembaga PCB (jangan terlalu lama) kemudian tempelkan timah pada solder secukupnya, tunggu hingga timah mencair dan menyebar.

    atau yg ini :
    saat menyolder, tempelkan timah pada solder secukupnya kemudian tempelkan solder pada tembaga PCB (jangan terlalu lama), tunggu hingga timah mencair dan menyebar.

    Thank’s🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: