ukmsrr's Blog

Beranda » Berita » ROBOTIKA

ROBOTIKA

Bagi mahasiswa diluar Aceh, permasalahan Robotika bukanlah hal yang wahhh, tapi memang sudah merupakan makanan sehari-hari bagi anak-anak. Berbagai tempat kursus tentang robotika hadir dilingkungan masyarakat dan hasilnya mereka memberikan wawasan yang luas untuk anak-anak mereka untuk mengenal luas tentang robotic yang bukanlah hanya sebagai mainan semata.

Berbagai ragam aplikasi komputer termasuk software-softwarenya yang membludak membanjiri daerah metropolitan, berserakan terus berhamburan. Aceh masih dalam tahap berbodoh-bodoh bersama dalam pergaulan, kebangkitan akan ilmu pengetahuan dan teknologi masih sangat kurang, apalagi dengan pemanfaatannya. wah coba dech liat beberapa artikel blog kawan-kawan robotmania yang ada diseluruh indonesia. ngiler rasanya pengen juga kayak gitu…

nah kawan-kawan pun bisa memanfaatkan dunia maya sebagai ajang memacu kreatifitas dan terkena virusnya, seperti yang ngetrend seperti sekarang ini. Salah satu tulisan yang membawa kita kepada apa sich robotika atau robot itu?

Robotika adalah salah satu wacana teknologi untuk menuju peradaban yang lebih maju. Kebanyakan orang selalu beranggapan bahwa robot adalah kemajuan teknologi yang mampu menggeser tingkah laku seseorang untuk melakukan suatu tindakan. Dengan kemajuan yang pesat, maka kebutuhan akan SDM akan merosot tajam. Layaknya revolusi pada bangsa Eropa.

Sangat disayangkan selali bila titik ikon kemajuan teknologi tersebut tidak seiring dengan cepat nya pemahaman masyarakat pada umumnya yang selalu meng-analogikan robot adalah biang kerok hilangnya tenaga buruh untuk memacu pertumbuhan perekonomian.

Hal ini layaknya dua sisi perbedaan yang tidak akan bisa menyatu sama lain. Tapi bisa dicermati kembali, bila orang pelukis ternama akan tergusur karena kemampuan sebuah robot pelukis yang bisa membuat lukisan yang sama. Sebuah robot yang mampu untuk memahat patung yang hampir mirip pula. Seluruh ilustrasi tersebut memang sepintas robot bisa menguasai semua, tapi sangat disayangkan hasil kerja robot adalah tak lebih dari sebuah alat cetak dan seonggok besi aluminium dan komponen elektronika yang dirakit pada papan PCB. Sebuah lukisan dari Afandi tentunya akan bernilai ratusan juta beda ukuran dengan lukisan robot yang paling-paing laku di jual 10 ribuan di pinggir jalan.

Robot Bukanlah Pemegang Kekuasaan

Istilah robot yang dahulu kala berjulukan Robota, tak lain adalah kata lain dari seorang buruh. Lain halnya dengan seorang manusia yang diciptakan se-sempurna mungkin oleh sang Pencipta. Sampai kapanpun robot adalah pembantu manusia. Bila sang teknokrat menciptakan robot untuk menjadi penguasa dunia, semoga saja dia tidak berumur panjang. Namun robot adalah sarana untuk membangun peradaban yang lebh maju dan memberikan kemudahan bagi manusia sebagai penciptanya. Dengan hasil demikian maka seluruh kajian tentang robotika menjadi lebih memasyarakat diseluruh elemen masyarakat. Dan buakan menjadi momok yang harus ditakuti.

Robotika sebagai Ikon dan Kajian Ke-ilmuan

Robot adalah simbol dari kamajuan dari sebuah teknologi, karena didalam nya mencakup seluruh elemen keilmuan. Elektronika, Mekanika, Mekatronika, Kinematika, Dimamika, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi suatu alasan yang sangat tepat untuk mengash ilmu didalam nya. Ikon pendidikan akan menjadi semakin termasyur bila selalu mengutamakan teknologi didalam nya. Sebuah ikon ini sangat penting untuk membangun semangat kemajuan, karena hal ini akan menjadi sebuah patokan awal dari sebuah perjuangan untuk selalu dilanjutkan kepada generasi penerus.

 

 

 


1 Komentar

  1. muharza mengatakan:

    robotika bukan hanya sebuah alat, tapi juga terdapat keikhlasan para penciptanya. Dalam sebuah robot terdapat hati para pencipta yang susah payah menciptakan buah karya funtastis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: